Wibowo, Wisnu Tri and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Metode Pembelajaran Pada Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Ips Ekonomi Smp Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (670kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013. 2) Pengaruh metode pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013. 3) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 43 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 93,265 + 0.258X1 + 0.172X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan metode pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 2.877 >2,021dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004dengan sumbangan relatif sebesar 54% dan sumbangan efektif 18,9%. 2) Metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,313 >2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan relatif sebesar 46%dan sumbangan efektif 16,1%. 3) Motivasi berprestasi dan metode pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 7,248 >3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,350 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi berprestasi dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajarIPS adalah sebesar 35%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi berprestasi, metode pembelajaran, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Jun 2013 11:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24392 |
Actions (login required)
View Item |