Marthanti, Arum Dewi and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Negeri Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (546kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Sekarjalak 01 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan motode Inquiry Training. Hal itu terlihat dari hasil penelitian dan didukung pencapaian indikator berikut: (1) isi gagasan pada siklus I yaitu 65,79% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,84%; (2) susunan kalimat pada siklus I yaitu 67,37% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,47%; (3) penggunaan kosakata pada siklus I yaitu 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,84%, (4) penggunaan ejaan pada siklus I yaitu 72,11% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,79%, (5) penggunaan tanda baca pada siklus I yaitu 58,96% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,11% . Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus diperoleh 18 siswa mencapai KKM dengan rata-rata 64,97, dan ketuntasan belajar 47,36%. Pada siklus I diperoleh 25 siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 67,26, dan ketuntasan belajar 65,78%. Pada siklus II diperoleh 32 siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 76,21, dan ketuntasan belajar 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Sekarjalak 01.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, Inquiry Training, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 11:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24383 |
Actions (login required)
View Item |