Hermawan, Hermawan and , Dr.ArI Anshori, M.Ag and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) Implementasi Model Islamic Full Day School Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah 14 Surakarta Tahun 2012-2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (781kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (952kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (423kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (287kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
Abstract
Penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM) dewasa ini semakin berkembang dan dinamis, salah satu model pembelajaran yang popular saat ini adalah model (Islamic) full day school. Implementasi model Islamic full day school dalam PBM ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan prestasi peserta didik, baik secara kognitif, afektif, ataupun psikomorotik. Dan bisa juga diasumsikan sebagai solusi alternatif proses pendidikan saat ini, dalam membentuk peserta didik berkarakter. SD Muhammadiyah 14 Surakarta adalah salah satu sekolah yang mengimplementasikan model Islamic full day school dalam PBM. Sejak mengimplementasikan model ini jumlah peserta didik baru di setiap awal tahun pembelajaran mengalami grafik peningkatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana implementasi model Islamic full day school dalam PBM di SD Muhammadiyah 14 Surakarta, serta apa saja kelebihan dan kekurangan implementasi model Islamic full day school dalam PBM di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi model Islamic full day school, serta kelebihan dan kekurangan implementasi model Islamic full day school dalam PBM di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yang bertempat di SD Muhammadiyah 14 Surakarta sebagai kancah studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan metode penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, implementasi model Islamic full day school dalam PBM di SD Muhammadiyah 14 Surakarta dimulai pukul 07.15 – 15.30, selama waktu tersebut peserta didik mengikuti beberapa kegiatan. Seperti, tadarus, kegiatan belajar mengajar, sholat dan pembiasaan baik lainnya. Kurikulum yang diterapakan adalah, perpaduan kurikulum antara kurikulum Depdiknas, al-Islam Kemuhammadiyahan, ciri khusus Ranting Muhammadiyah Danukusuman, muatan lokal dan pengembangan diri. Kelebihannya adalah, meningkatnya prestasi akademik, religiusitas, motivasi belajar, kesadaran peserta didik serta waktu bagi peserta didik lebih efektif. Adapun kekurangannya adalah, peserta didik mengalami rasa kejenuhan (bosan), keletihan (lemas), selama PBM. Sebagian guru juga merasakan hal yang sama, selain itu guru tidak bisa seleluasa atau bebas dalam memberikan PR ke peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Islamic Full Day School, Proses belajar mengajar, kelebihan, Kekurangan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2013 11:22 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24367 |
Actions (login required)
View Item |