Peningkatan Frekuensi Pelaksanaan Shalat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Eksperiensial Dalam Pembelajaran Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar

Suminah, Suminah (2012) Peningkatan Frekuensi Pelaksanaan Shalat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Eksperiensial Dalam Pembelajaran Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN_TESIS.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (637kB)

Abstract

Shalat merupakan ibadah yang utama dalam kehidupan umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran eksperiensial untuk meningkatkan frekuensi pelaksanaan shalat siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan quisioner. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN I Tengaran berjumlah 40 anak. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata frekuensi pelaksanaan shalat setelah siswa diberi pelatihan menggunakan modul. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengukuran pelaksanaan shalat kelompok eksperimen sebelum pelatihan (Pretes) dengan 1 hari setelah pelatihan (Postes 1) dengan diperoleh nilai –t hitung < -t tabel atau -6,157 < -2,093. Hasil pengukuran pelaksanaan shalat kelompok eksperimen sebelum pelatihan (Pretes) dengan satu minggu setelah pelatihan (Postes 2) diperoleh diperoleh nilai –t hitung < -t tabel atau -5,588 < -2,093.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi, Pelaksanaan Shalat, Model Pembelajaran Eksperiensial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 12:27
Last Modified: 03 Jun 2013 12:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24345

Actions (login required)

View Item View Item