Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Terhadap Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Kendal Kabupaten Ngawi

Muhtar, Muhtar and , Dr.Siti S. Fadihilah,. M.Pd. and , Dra. Wiwin Dinar Pratisti, M.Si. (2013) Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Terhadap Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (179kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik pengaruh permainan simulasi terhadap pengambilan keputusan studi lanjut pada peserta didik di SMP Negeri 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Pengambilan keputusan studi lanjut adalah suatu keyakinan yang digunakan seseorang untuk menentukan suatu pilihan keputusan yang terdiri dari beberapaalternatif pilihan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.Metode yang digunakan dengan permainan simulasi, angket dan observasi. Metode angket dipakai sebelum perlakuan ( pre-test ) dan sesudah perlakuan ( posttest) untuk kelompok eksperimen ( KE ) maupun kelompok kontrol ( KK ) sedangkan metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan selama permainan simulasi berlangsung. Hasil penelitian selengkapnya dapat dianalisis dengan Uji –T / T-Test (paired samples ), sebagai berikut : 1) untuk kelompok Eksperimen pre test dengan eksperimen post test dihasilkan nilai uji t = -6,556 signifikansi (p) = 0,000 (p<0,01), 2) Eksperimen pre test dengan eksperimen follow up nilai uji t = -7,245 signifikansi (p) = 0,000 (p<0,01), 3) Eksperimen post test dengan eksperimen follow up nilai uji t = - 0,817 signifikansi (p) = 0,421 (p>0,05), 4) Eksperimen pre test dengan kontrol pre test nilai uji t = -0,659 signifikansi (p) = 0,517 (p>0,05), 5) Eksperimen post test dengan kontrol post test nilai uji t = 8,134; signifikansi (p) = 0,000 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif permainan simulasi terhadap pengambilankeputusan studi lanjut pada peserta didik di SMP Negeri 1 Kendal Kabupaten Ngawi, dengan demikian permainan simulasi dapat digunakan untuk keputusan studi lanjut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Permainan simulasi, pengambilan keputusan, studi lanjut
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 07:06
Last Modified: 23 Oct 2021 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item View Item