Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Ketuntasan Belajar Ipa Pada Siswa Full Day School

Riyanto, Bekti and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si (2013) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Ketuntasan Belajar Ipa Pada Siswa Full Day School. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN_TESSIS_2013_PDF.pdf

Download (639kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_1_2013_PDF.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II_2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III_2013_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV_2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_tesis_PDF.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_TESISKU_PDF.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas 3 SDIT Nur Hidayah yang tidak tuntas dalam UH-1 IPA. Hal ini mengakibatkan hasil LHBS mid semeseter 1 beberapa siswa mengalami ketidaktutasan belajar pada mapel IPA. Upaya peningkatan hasil belajar sekaligus untuk meraih target sekolah siswa tuntas belajar 100% ini terkait dengan faktor metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode Mind Mapping dengan ketuntasan belajar IPA pada Siswa SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuasi eksperimen, yang akan membuktikan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran akan berpengaruh pada ketuntasan belajar siswa full day school. Metode sampling dilakukan dengan cara random. Langkah awal memilih siswa-siswi yang pernah remidi pada UH IPA di kelas 2 (tahun ajaran 2011/2012) dan atau kelas 3 (tahun ajaran 2012/2013) sebagai subyek penelitian. Selanjutnya mengelompokkannya secara random untuk menentukan siswa/siswi masuk dalam kelompok kontrol atau kelompok eksperimen. Penelitian ini terdiri dari 15 subyek penelitian (kelompok kontrol) dengan penerapan pembelajaran konvensional dan 16 subyek penelitian (kelompok eksperimen) dengan penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode Mind Mapping yang diterapkan dalam pembelajaran dengan ketuntasan belajar IPA pada Siswa full day school, hal ini ditunjukkan oleh probabilitas atau sig 2 tailed : 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah: (a) Metode “Mind Mapping” yang diaplikasikan dalam pembelajaran berpengaruh pada ketuntasan belajar IPA pada siswa Full Day School. (b) Metode konvensional yang diaplikasikan dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan prestasi belajar tapi belum mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa full day school yaitu dengan tingkat ketuntasannya hanya 0,7 % (c) Pembelajaran dengan metode Mind Mapping mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa full day school dengan tingkat ketuntasan siswa mencapai 93,75 %.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode mind mapping, Metode konvensional, ketuntasan belajar, full day school
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 06:45
Last Modified: 23 Oct 2021 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24329

Actions (login required)

View Item View Item