Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kemandirian dan Kejujuran Siswa di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten

Yuningrih, Dewi and , Prof. Dr. Bambang Setiaji and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kemandirian dan Kejujuran Siswa di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (871kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan karakteristik pembelajaran Matematika berbasis kemandirian dan kejujuran siswa di SMK N 1 Jogonalan Klaten. (2) Untuk mendiskripsikan karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran Matematika berbasis Kemandirian dan Kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. (3) Untuk mendiskripsikan kegiatan siswa dalam pembelajaran Matematika berbasis Kemandirian dan Kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi, member check dan pernyataan yang terus menerus guna pengkajian lanjut. Hasil penelitian ini adalah (1) Semakin maksimal pengelolaan pembelajaran matematika berbasis kemandirian dan kejujuran siswa dalam sikap, waktu pelaksanaan, komitmen, tujuan, manfaat dan target, maka siswa menyadari bahwa kemandirian dan kejujuran dapat membentuk kepribadian yang kompeten, ulet, mandiri, jujur sehingga dapat diaplikasikan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat (2) Semakin aktif guru membimbing, member keteladanan, berkomitmen dalam pengelolaan pembelajaran matematika berbasis kemandirian dan kejujuran, maka siswa akan mengaplisikasikan sikap mandiri dan jujur di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat serta dilingkungan kerja (3) semakin siswa menyadari dan mengaplisikasikan sikap mandiri dan jujur dalam kegiatan belajar mengajar maka siswa akan mempunyai kecerdasan intelektual dan kecerdasan kepribadian yang bermanfaat di dalam berwirausaha dan persaingan di era globalisasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Kemandirian dan Kejujuran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2013 10:16
Last Modified: 21 Oct 2021 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24304

Actions (login required)

View Item View Item