Santosa, Bambang E. and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd (2013) Sarapan Pagi” (Membaca Al-Quran dan Asmaul Husna) di MTs Negeri Grabag Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (69kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab VI)
7._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf Download (334kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik materi kegiatan sarapan pagi (membaca Al-Quran dan Asmaul Husna) di MTs Negeri Grabag Magelang; (2) karakteristik aktivitas siswa dalam kegiatan sarapan pagi (membaca Al-Quran dan Asmaul Husna) di MTs Negeri Grabag Magelang; (3) karakteristik aktivitas guru dalam kegiatan sarapan pagi (membaca Al-Quran dan Asmaul Husna) di MTs Negeri Grabag Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Grabag Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah guru, kepala sekolah, dan Wakil kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data meliputi tingkat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependabibility), dan kepastian (confirmability) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi kegiatan sarapan pagi adalah membaca dan mengahafal surat-surat pendek dalam Al-Quran dan Asmaul Husna. Kegiatan membaca dan mengahafal surat-surat pendek dalam Al-Quran dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis serta hari Sabtu, sedangkan membaca Asmaul Husna pada hari Jumat. Khusus untuk kelas IX semester 2 materi yang diberikan setiap hari adalah membaca dan mengahafal surat-surat pendek dalam Al-Quran dan Asmaul Husna untuk mempersiapkan ujian akhir sekolah. Materi membaca Al-Quran untuk masing-maisng kelas berbeda sesuai dengan tingkat kesulitannya; (2) Siswa membaca dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran dan Asmaul sesuai dengan materi yang telah ditentukan. Aktivitas siswa dilakukan selama 15 menit dengan didampingi dan di bawah pengawasan guru pendamping yang merupakan guru mata pelajaran yang mengajar pada jam pelajaran pertama. siswa yang sudah hafal dengan bacaan tidak memerlukan media berupa Al-Quran ataupun teks Asmaul Husna. Bagi siswa yang belrum dapat membaca Al-quran dengan baik diberikan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Quran.; (3) Aktivitas guru dalam kegiatan sarapan pagi adalah mendampingi dan mengawasi kegiatan membaca dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran dan Asmaul Husna. Untuk guru pendamping tidak ada job descriptions khusus, sedangkan untuk memimpin kegiatan membaca Asmaul Husna dilakukan secara bergantian. Guru memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al-Quran sehingga dapat memberikan contoh dan mengajari siswa dalam membaca Al-Quran dengan baik serta membantu siswa yang kesulitan dalam membaca Al-Quran. Kata Kunci: Kegiatan sarapan pagi, Al Qur’an, aktivitas siswa, aktivitas guru
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan sarapan pagi, Al Qur’an, aktivitas siswa, aktivitas guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 30 May 2013 12:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24298 |
Actions (login required)
View Item |