Pengelolaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (Studi Situs Pada SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta)

Sigit Sb, Ayub and , Dr. Eko Supriyanto, M.Hum. and , Dr. Samino, M.M. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (Studi Situs Pada SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model saling terjalin. Dari penelitian yang dilakukan di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi didapatkan hasil penelitian sebagai berikut. 1. Perencanaan Pembelajaran Tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta dilaksanakan dengan melakukan persiapan pembelajaran tematik, setiap guru harus menyiapkan rencana pembelajaran, yaitu pemetaan tema, jaring tema, silabus, dan rancangan pelaksanaan pembelajaran. Setelah melakukan penelitian dan melakukan pembahasan terhadap data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan persiapan pembelajaran tematik yang telah dilakukan pada dasarnya telah mengacu pada pedoman pembelajaran tematik. Akan tetapi pada pelaksanaannya guru masih memiliki hambatan berupa, kurangnya sosialisasi atau pelatihan mengenai pembelajaran tematik. Masih kurangnya buku-buku sumber yang berkaitan dengan pembelajaran tematik menjadi salah satu alasan mengapa implementasi pembelajaran tematik yang baik dan benar sulit dilaksanakan oleh para guru di sekolah luar biasa. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/awal/ pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi Dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri No. 81 Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta dilaksanakan dengan sistem penilaian yang dilakukan oleh masing-masing responden memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan sistem penilaian yang mereka lakukan yaitu sangat memperhatikan kebutuhan dan kemampuan anak, akan tetapi kekurangannya guru lebih menilai hasil belajar peserta didik daripada proses belajar peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Perencanan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 07:40
Last Modified: 20 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24292

Actions (login required)

View Item View Item