Pengelolaan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Nilai Ujian Akhir Nasional di SMAN 1 Jakenan

Nurhadi, Nurhadi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dra. Ning Setyaningsih, M.Si. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Nilai Ujian Akhir Nasional di SMAN 1 Jakenan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (481kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan karakteristik pengelolaan materi pembelajaran matematika untuk meningkatkan nilai ujian akhir nasional di SMA N 1 Jakenan. (2) mendiskripsikan karakteristik pengelolaan interaksi pembelajaran matematika untuk meningkatkan nilai ujian akhir nasional di SMA N 1 Jakenan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jakenan Pati. Subyek utama penelitian adalah pimpinan lembaga, pengajar, dan siswa di lingkungan SMA N 1 Jakenan Pati. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Dalam rangka untuk meningkatkan nilai ujian akhir nasional SMA N 1 Jakenan membuat kebijakan dengan tetap memperhatikan dan menjalankan seluruh standar proses dan standar isi kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Disamping dengan tetap memperhatikan standar proses dan standar isi kurikulum, pihak manajemen sekolah masih menambah lagi jam pelajaran yang sudah ditetapkan dalam kurikulum yaitu dengan tambahan jam pelajaran pada sore hari 3 hari per minggu selama 2 jam pelajaran yang dimulai dari kelas X sampai dengan kelas XII. Pada tambahan pelajaran sore hari digunakan untuk membahas soal-soal ujian nasional pada tahun sebelumnya atau dengan membahas soal-soal yang setara dengan soal-soal ujian nasional. (2) Materi yang diajarkan di SMA N 1 Jakenan harus memenuhi dan sesuai dengan standar isi kurikulum. Selain itu masih ditambah materi pengayaan yaitu berupa soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya dan soal-soal yang dibuat oleh guru yang tingkat kesulitannya setara dengan soal-soal ujian nasional. (3) Proses interaksi yang dijalankan ada dua yaitu : 1) antara guru dan siswa yang aktif, artinya terjadi interaksi 2 arah; 2) antar siswa yang dilakukan dengan model tutor teman sebaya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, matematika, Ujian Akhir Nasional (UAN)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 07:48
Last Modified: 20 Oct 2021 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item