Pengelolaan Layanan Pengembangan Diri di Sekolah Perbatasan (Studi Kasus SD Negeri Kembaran UPT P dan K Loano Purworejo)

Sukiyanto, Sukiyanto and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Pengelolaan Layanan Pengembangan Diri di Sekolah Perbatasan (Studi Kasus SD Negeri Kembaran UPT P dan K Loano Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
PDF (HalamanDepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan layanan pengembangan diri di SD Negeri Kembaran yang meliputi: (1) layanan kegiatan bimbingan dan konseling di SD Negeri Kembaran UPT P dan K Loano, (2) layanan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Kembaran UPT P dan K Loano. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kembaran, Gugus Dewaruci UPT P dan K Loano. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data penelitian ini adalah analisa data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah (1). Pengelolaan layanan pengembangan diri dalam kegiatan bimbingan dan konseling di SD Negeri Kembaran dilakukan oleh guru kelas sebab sekolah tersebut tidak memiliki guru Bimbingan dan Konseling. Aspek yang dikembangkan dalam layanan tersebut adalah kemampuan pribadi siswa, kemampuan belajar, dan juga kemampuan sosial. Guru kelas yang melaksanakan layanan dalam bentuk individual, kelompok, dan juga klasikal masih terhambat dengan media yang belum disediakan. (2) Pengelolaan layanan pengembangan diri dalam layanan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Kembaran dilakukan dengan menyiapkan berbagai komponen. Komponen tersebut meliputi materi, administrasi, dana, konsumsi, sarana dan prsasarana, serta sumberdaya manusia.. Sekolah melakukan kegiatan evaluasi untuk aspek program, pembimbing, dan juga hasil kegiatan. Layanan pengembangan diri di sekolah ini menunjang pembentukan nilai-nilai karakter siswa yang menjadi subjek dari layanan tersebut, di antaranya meningkatkan sikap religius, kejujuran, kemandirian, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab. Demikian pula potensi keterampilan siswa berhasil ditunjukkan dengan menjuarai perlombaan mocopat, drumband, dan pramuka.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: layanan, pengembangan diri, perbatasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2013 12:17
Last Modified: 20 Oct 2021 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24268

Actions (login required)

View Item View Item