Habibah, Siti Rohimah Al and , Prof. Dr. A. Ngalim, M.M and , Drs. Sufyan Anif, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Situs Di SDII Al Abidin Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (305kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (762kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini, adalah Bagaimanakah karakteristik pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDII Al Abidin Surakarta ? Dijabarkan dalam tiga sub fokus yaitu bagaimana karakteristik penyusunan kurikulum, aktivitas peserta didik, Guru dalam pembelajarean Pendidikan Agama Islam di SDII Al Abidin Surakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristrik pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDII Al Abidin Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi, pendekatan yang mengarahkan penulis untuk menjelaskan penelitian yang dilakukan merupakan hasil dari pengamatan terhadap tulisan ataupun fenomena dalam waktu tertentu. Data diperoleh dari dokumen sekolah berupa foto, arsip dan rekaman wawancara.Nara sumber Kepala Sekolah, WAKA Kurikulum, Guru PAI.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) Dokumentasi. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Tiga teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, sajian data, verifikasi data dilaksanakan bersamaan dengan proses pengumpulan data dalam bentuk interaktif melalui proses siklus. Hasil penelitian ini, menyimpulkan SDII Al Abidin Surakarta telah melaksanakan pengelolaan pembelajaran dengan tiga karakteristik. (1) Kurikulum, disusun berdasarkan kurikulum nasional yang dipadukan dengan keagamaan dengan dibuktikan adanya penambahan mata pelajaran PAI sejumlah 12 jam. Pengelolaan pembelajaran PAI dilakukan dengan perencanaan, yang disesuaikan dengan visi misi sekolah, pengorganisasian, diwujudkan adanya silabus, program tahunan, program mingguan, program harian atau RPP. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara bervariasi dan evaluasi yang dilaksanakan menggunakan format penilaian dengan bobot 60% dan 40%, pada mata pelajaran Qiroah dan hadits. (2) Karakteristik aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PAI dikondisikan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. (3) Karakteristik Guru dalam pembelajaran PAI, guru berperan sebagai fasilitator, pendamping dan pencipta iklim belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, kurikulum, aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2013 07:15 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24232 |
Actions (login required)
View Item |