Handoko , Joko (2008) PERBEDAAN KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI MENGAJAR ANTARA GURU DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA DAN MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
F100040274.pdf Download (66kB) |
|
PDF
F100040274.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
Abstract
Kurikulum yang digunakan antara pendidikan di sekolah negeri dan swasta pada dasarnya tidaklah jauh berbeda hanya saja fasilitas belajar yang diselenggarakan untuk pendidikan sekolah negeri sebagian besar lebih baik dibandingkan untuk sekolah swasta. Adanya kelebihan-kelebihan yang terdapat pada sekolah negeri dapat menimbulkan adanya perbedaan motivasi dan kepuasan mengajar pada guru yang mengajar di sekolah negeri dengan guru yang mengajar di sekolah swasta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perbedaan motivasi mengajar dan kepuasan kerja antara guru SMA Negeri 11 Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta; 2) tingkat motivasi mengajar guru SMA Negeri 11 Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta; 3) tingkat kepuasan kerja pada guru SMA Negeri 11 Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan ada perbedaaan motivasi mengajar dan kepuasan kerja antara guru di di SMA Negeri 11 Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SMA Negeri 11 Yogyakarta berjumlah 35 orang dan Guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berjumlah 29 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampel. Alat ukur penelitian ini adalah skala kepuasan kerja dan skala motivasi mengajar. Berdasarkan analisis varian 1-jalur diperoleh hasil uji F antar A (X1) = 7,850 R2 = 0,112; p = 0,007 (p < 0,01), yang berarti ada perbedaan kepuasan kerja yang sangat signifikan antara guru sekolah negeri dan sekolah swasta. Nilai rerata kepuasan kerja guru di sekolah negeri (A1) = 102,114 dan nilai rerata kepuasan kerja guru di sekolah swasta (A2) = 91,172. Dengan demikian guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah memiliki kepuasan kerja lebih rendah dibandingkan guru SMA Negeri 11. Hasil uji F antar A (X2) = 6,231, R2 = 0,091; p = 0,015 (p < 0,05), berarti ada perbedaan motivasi mengajar yang signifikan antara guru SMA Negeri 11 dan guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, dengan nilai rerata motivasi mengajar guru di sekolah negeri (A1) = 106,943 dan nilai rerata motivasi mengajar guru di sekolah swasta (A2) = 98,207. Dengan demikian guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah memiliki motivasi mengajar lebih rendah dibandingkan guru di SMA Negeri 11. Kepuasan kerja guru SMA Negeri 11 mempunyai rerata empirik (RE) = 102, dan rerata hipotetik (RH) = 92,5 berarti kepuasan kerja tergolong sedang. Kepuasan kerja guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah mempunyai rerata empirik (RE) = 91,172, dan rerata hipotetik (RH) = 92,5 yang berarti tergolong sedang. Rerata empirik (RE) motivasi mengajar guru SMA Negeri 11 = 106,943 dan rerata hipotetik (RH) = 87,5 yang berarti motivasi mengajar tergolong tinggi. Rerata empirik (RE) motivasi mengajar guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah = 98,207 dan rerata hipotetik (RH) = 87,5 yang berarti motivasi mengajar tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perbedaaan motivasi mengajar dan kepuasan kerja antara guru di SMA Negeri 11 Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Guru di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah memiliki motivasi mengajar dan kepuasan kerja lebih rendah daripada guru di SMA Negeri 11 Yogyakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, motivasi mengajar, kepuasan kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 08:22 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2420 |
Actions (login required)
View Item |