Analisis Management Bandwidth Dengan Metode PCQ (Per Connection Queue) Dan HTB (Hierarchical Token Bucket) Dengan Menggunakan Router Mikrotik

Wilmadi, Kadek Agustia and , Muhammad Kusban, S.T, M.T. and , Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T (2013) Analisis Management Bandwidth Dengan Metode PCQ (Per Connection Queue) Dan HTB (Hierarchical Token Bucket) Dengan Menggunakan Router Mikrotik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Penggunaan internet secara masal mengakibatkan menurunya performansi jaringan seiring dengan bertambahnya pengguna jaringan. Cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi penurunan performansi jaringan yaitu dengan melakukan manajemen bandwidth. Manajemen bandwidth sangat penting dalam pengaturan alokasi bandwidth yang akan diberikan kepada user untuk menghindari perebutan alokasi bandwidth yang ada di jaringan. Metode penelitian ini yang di gunakan adalah metode wawancara, literature dan eksperimen. Dari beberapa metode tersebut akan dibuat perancangan jaringan yang dibutuhkan oleh LastMan gamenet. Peralatan yang di butuhkan adalah Routerboard 751 G dan winbox sebagai software pendukung. Penelitian ini menghasilkan suatu perbandingan antara metode antrian Per Connection Queue (PCQ) dan Hierarchical Token Bucket (HTB) menggunakan router Mikrotik yang mengambil study kasus di Last Man GameNet ini telah dilakukan pengujian untuk mengetahui metode mana yang paling optimal menangani pembagian bandwidth di jaringan. Setelah mengetahui metode mana yang paling maksimal maka akan di terapkan di Last Man GameNet untuk memaksimalkan performansi jaringan dan pembagian bandwidth di tempat tersebut dari hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa HTB lebih baik daripada PCQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mikrotik, Bandwidth, Qos, PCQ, HTB
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 12:28
Last Modified: 05 Nov 2022 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item View Item