ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PEGADAIAN CABANG SUKOHARJO

PRASETYO, GUNTUR ARI (2008) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PEGADAIAN CABANG SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030189.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
B100030189.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh dimensi responsive, assurance, tangible, empathy dan reability terhadap kepuasan nasabah dan dimensi service quality yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang menggunakan jasa gadai di kantor pegadaian cabang Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan pada kantor pegadaian cabang Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah di kantor pegadaian cabang Sukoharjo, dengan sampel sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Dari hasil uji validitas diperoleh bahwa semua nilai r hitung lebih besar dari r tabel maka data tersebut valid. Untuk uji reliabilitas semua variabel yakni variabel responsive, assurance, tangible, empathy, reliability dan kepuasan mempunyai nilai Cronbach alpha lebih besar dari 0,6, maka pertanyaan-pertanyaan kuesioner adalah reliabel. Hasil analisis data didapat analisis regresi berganda dengan signifikansi 5% didapat bahwa variabel responsive,assurance, tangible, empathy dan reability berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Uji t menunjukkan bahwa variabel responsive sebesar 9,870, assurance 2,250, tangible sebesar 2,268, empathy sebesar 1,812 dan reability sebesar -2,759. Uji F didapat nilai F hitung 164,651 dengan signifikansi 0,000 sehingga secara bersama-sama variabel responsive, assurance, tangible, empathy dan reability berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Nilai R2 sebesar 0,928 atau sebesar 92,8%. Artinya bahwa 92,8% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel responsive, assurance, tangible, emphaty, dan reability.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Responsive, Assurance, Tangible, Empathy, dan Reability
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 10 Jun 2009 08:19
Last Modified: 16 Nov 2010 23:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item