Sari, Era Pamela and , Dr. Bhisma Murti, MPH., M.Sc., PhD. and , Dwi Astuti, SKM., M.Kes (2013) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Loyalitas Pasien di Puskesmas Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (199kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab01.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab02.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab-03.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab-04.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB-05.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB-06.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
Abstract
Eksistensi puskesmas dalam struktur kemasyarakatan terwujud dan terpelihara karena kehadiran unsur kepercayaan. Usaha pelayanan yang sebaik-baiknya yang dilakukan puskesmas pada dasarnya merupakan realisasi dari pemberian kepercayaan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Plupuh Kabupaten Sragen dengan mengambil sampel sebanyak 60 orang pasien dengan cara purposive random sampling. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi dan uji regresi. Hasil analisis korelasi ditemukan adanya korelasi yang cukup kuat antara kualitas pelayanan dan loyalitas pasien di Puskesmas Plupuh Kabupaten Sragen. Sedangkan berdasarkan analisis regresi ditemukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pasien. Setiap peningkatan 1 skor kualitas pelayanan akan menyebabkan peningkatan skor loyalitas pasien sebesar 0.27, dan hubungan hubungan tersebut secara statistik sangat signifikan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka dapat disarankan : (1) Dalam rangka perbaikan pelayanan yang terus menerus, meskipun tingkat kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Plupuh sudah baik sudah seharusnya tidak cepat puas akan hasil yang telah dicapai. Oleh karena itu untuk menjaga loyalitas pasien pihak manajemen Puskesmas hendaknya tetap mempertahankan kondisi yang sudah ada dan bila perlu ditingkatkan lagi. (2) Dengan ditemukannya hasil analisis yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien, maka pihak manajemen Puskesmas Plupuh hendaknya selalu mengevaluasi variabel kualitas pelayanan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan pada para pasien.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 May 2013 08:42 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24131 |
Actions (login required)
View Item |