Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Tahun Pelajaran 2011/2012

Mulyadi, Agus and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2013) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (782kB)

Abstract

Anak usia dini mempunyai sebuah kecenderungan yang sangat kuat dalam mencontoh dan menirukan segala hal yang dilihat dan didengarkan dari orang lain. Oleh sebab itu, orang tua harus senantiasa memberikan teladan yang baik bagi anaknya. Teladan atau contoh yang baik tersebut, jika diberikan dan dilatih secara berkelanjutan, maka akan tertanam di dalam diri anak (menjadi karakter). Akan tetapi, hal tersebut akan lebih baik jika dilakukan dengan cara yang terprogram, terstruktur dan dikelola dengan sistem dan metode yang baik, sebagaimana yang telah dilakukan oleh TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru. Pendidikan agama Islam mempunyai peran penting dalam upaya pembentukan karakter siswa/anak usia dini. Pembekalan nilai-nilai agama, termasuk di dalamnya etika dan moral dalam pergaulan akan menjadi modal penting bagi siswa/anak untuk masa depannya. Untuk itu pelaksanaan atau proses pendidikannya juga harus dikelola dengan baik dan profesional, seperti keberadaan pendidik, alat-alat pendidikan, lingkungan dan tujuan pendidikannya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala TK, guru/pendidik TK, dan komite sekolah/orang tua murid. Data-data yang berkaitan dengan penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh selama penelitian dapat disusun dan langsung ditafsirkan untuk menyusun kesimpulan penelitian. Ada beberapa hal yang ditemukan di lapangan berkaitan dengan penelitian ini. Seperti kondisi guru/pendidik TK Islam Al-Azhar 28 Solo Baru yang belum sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat yang dijelaskan dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Materi yang diberikan sudah terstruktur dan tertata rapi, terbukti dengan adanya Spider Web, jadwal dan agenda pembelajaran siswa/anak. Penggunaan metode-metode pendidikan yang adoptif dan adaptif dengan lingkungan yang mendukung dan memadai bagi siswa/anak, sehingga dapat terbentuk benih-benih pribadi muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, cerdas, cakap dan terampil, percaya diri dan berkarakter.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, guru, alat pendidikan, lingkungan dan tujuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 May 2013 07:17
Last Modified: 29 Oct 2021 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24111

Actions (login required)

View Item View Item