Analisis Potensi Obyek Wisata Pasujudan Sunan Bonang, Pantai Binangun Indah, Pantai Caruban Dan Klenteng Thian Siang Sing Bo Di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang

Rahman, Satria Nur Aziz and , Drs. Priyono, M.Si and , Dra. Retno Woro Kaeksi (2013) Analisis Potensi Obyek Wisata Pasujudan Sunan Bonang, Pantai Binangun Indah, Pantai Caruban Dan Klenteng Thian Siang Sing Bo Di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (560kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang dengan judul: “Analisis Potensi Obyek Wisata Di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang”. Ini didasarkan pada permasalahan pemerintah yang kurang memperhatikan dan belum semua terkelola dengan baik obyek wisata yang ada di Kecamatan Lasem. Tujuan: 1. Mengetahui potensi internal dan eksternal masing-masing Obyek wisata yang ada di Kecamatan Lasem. 2. Mengetahui arah pengembangan potensi masing-masing Obyek wisata di Kecamatan Lasem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan melakukan pengamatan, pencatatan dan analisis. Data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan metode survey dilapangan. Sumber data sekunder adalah dari publikasi Badan Pusat Statistik, Kantor Kecamatan Lasem, BAPPEDA Kab. Rembang, Dinas Pariwisata Kab.Rembang, DPU Pengairan Kab.Rembang. Analisa data dengan skoring dan tabel Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Obyek wisata di Kecamatan Lasem yang mempunyai potensi tertinggi adalah Pasujudan Sunan Bonang dan Pantai Binangun Indah, kemudian Kelenteng Thian Siang Sing Bo dan Pantai Caruban berpotensi sedang. 2. Untuk arah pengembangan tiap-tiap obyek (1) Pasujudan Sunan Bonang lebih dikembangkan untuk (a) Penambahan Museum Sunan Bonang yang berisi gambar, peninggalan-peninggalan, cerita dan sejarah dari Sunan Bonang, serta adanya pemutaran film napak tilas sejarah Sunan Bonang, sehingga dapat menambah daya tarik dan kualitas obyek. (b) Penambahan fasilitas Gardu Pandang untuk menikmati pemandangan laut dari atas bukit. (2) Pantai Binangun Indah lebih dikembangkan untuk (a) Pusat wisata kuliner Sea Food (b) Adanya promosi obyek lewat segala macam alat publikasi, seperti media cetak, media audio, audio visual dan internet (c) Penambahan atraksi wisata berupa kegiatan-kegiatan tertentu untuk menarik wisatawan, seperti kegiatan lomba memancing, sedekah laut dan lain-lain (d) Penambahan papan atau plangkat obyek wisata untuk lebih memperkuat status obyek sebagai obyek wisata (e) Penambahan pihak pengelola yang jelas, sehingga obyek wisata dapat terawat dan terinventaris dengan baik. (3) Pantai Caruban dapat dikembangkan untuk (a) Pengelolaan yang jelas sehingga dapat terorganisir dengan baik. (b) Perencanaan Tata Ruang yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan (c) Penambahan fasilitas pendukung wisata berupa toilet yang memadai, tempat parkir yang memadai, tempat ibadah, toko souvenir, warung makan, taman terbuka (d) Penambahan atraksi berupa wisata air berupa permainan air seperti waterboom, banana boat, dan lain-lain.(4) Klenteng Thian Siang Sing Bo dapat dikembangkan untuk (a) adanya promosi obyek lewat segala macam alat publikasi, seperti media cetak, media audio, audio visual dan internet. (b) Penambahan fasilitas penunjang seperti penginapan bagi para pengunjung yang dari luar daerah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi Obyek Wisata, potensi internal dan eksternal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2013 08:37
Last Modified: 07 Nov 2021 14:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item