Cahyono, Agus and , Siti Nandiroh, S.T., M.Eng. and , Ir. Muhammad Musrofi (2013) Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Dalam Sistem Pengajaran Menggunakan Metode Servqual Dan CSI (Studi Kasus: Jurusan X Universitas Y). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (443kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (717kB) |
Abstract
Keadaan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga nantinya dapat bersaing dan unggul dalam persaingan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh konsumen, dengan mengembangkan komitmen setiap orang yang ada dalam lembaga untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar tercapai tingkat kepuasan yang tinggi. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui variabel-variabel yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kualitas pelayanan jasa dan mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan jasa dalam sistem pengajaran di Jurusan X Universitas Y. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode ServQual (Service Quality) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 57 variabel dalam penelitian adalah reliabel dan valid, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan jasa dan tingkat kepuasan mahasiswa di Jurusan X Universitas Y. Kualitas pelayanan jasa di Jurusan X Universitas Y lebih baik dibandingkan dengan di universitas pembanding walaupun masih ada yang perlu dilakukan perbaikan, terutama pada dimensi Tangibles (Keadaan Fisik). Jurusan X Universitas Y lebih baik dalam memberikan kepuasan pelayanan jasa kepada mahasiswa dibandingkan dengan universitas pembanding. Hal itu dapat dilihat dari nilai Customer Satisfaction Index pada Jurusan X yang lebih besar daripada universitas pembanding yaitu 71,25% > 66%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Satisfaction Index, Kualitas Pelayanan Jasa, Metode Service Quality. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2013 08:05 |
Last Modified: | 07 Nov 2021 13:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24025 |
Actions (login required)
View Item |