Analisa Perbaikan Mesin Hamada 700cda Dan Upaya Meminimalkan Cacat Pada Proses Cetak Buku Menggunakan Metode DMAIC (Studi Kasus di CV. Sumber Jaya Singopuran Rt/Rw:03/II, Gonilan Surakarta )

Yazid, Agus and , A. Kholid Al Ghofari, S.T., M.T. and , Siti Nandiroh, S.T., M.Eng. (2013) Analisa Perbaikan Mesin Hamada 700cda Dan Upaya Meminimalkan Cacat Pada Proses Cetak Buku Menggunakan Metode DMAIC (Studi Kasus di CV. Sumber Jaya Singopuran Rt/Rw:03/II, Gonilan Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (210kB)

Abstract

CV. Sumber Jaya adalah perusahaan swasta yang bergerak dibidang produksi percetakan buku LKS. Sebagian besar dari konsumen menganggap kualitas merupakan salah satu faktor dasar akan produk atau jasa yang akan mereka gunakan. Kualitas merupakan faktor utama yang tidak boleh diabaikan, karena hal tersebut telah menjadi bagian yang penting dalam setiap proses produksi. Penggunaaan metode six sigma DMAIC sebagai cara untuk memperbaiki proses sekaligus mengurangi cacat produk sehingga diharapkan ada peningkatan dan perbaikan produk yang dihasilkan. Dimulai dari memetakan proses produksi, kemudian dianalisa untuk mengidentifikasi jenis cacat dan dihitung nilai sigmanya. Setelah itu dibuat diagram pareto untuk mencari jenis cacat terbesar dan dilakukan perbaikan kualitas yang kemudian akan dianalisa menggunakan FMEA untuk mencari permasalahan dan mengusulkan perbaikannya. Pada proses selanjutnya difokuskan pada maintenance guna meningkatkan mutu produk LKS. Penelitian bahwa rata-rata sigma dalam satu tahun terakhir dari bulan april’11 sampai maret’12 adalah 3.98864 dan jenis cacat dengan prosentase terbesar adalah terlipat. Cacat tersebut kemudian dianalisa dengan FMEA untuk dicari akar penyebabnya. Dengan diketahuinya penyebab kegagalan produk, komponen dan efek kegagalan selanjutnya dilakukan perhitungan Risk Priority Number (RPN) yang didapat dari penyebaran kuesioner kepada operator bagian produksi. Hasil dari penelitian diketahui nilai RPN tertinggi hingga terendah pada mesin cetak produksi buku LKS adalah blower bocor (432), roll tinta kotor (128), blanked aus (120), roll air kotor (64), plate (48), pepper kotor (36), stic air kotor (12), blower kotor (150), silinder kotor (45), vacuum kotor (30), motor berhenti (120), tek.angin tak setabil (75), newmel hank (24), vacuum kencang (16), bak air kotor (108),newmel mati (80), stic tinta aus (27), driver mati (105), stic tinta kotor (84).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cacat Produk, DMAIC, FMEA, Maintenance, Six Sigma
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2013 07:46
Last Modified: 07 Nov 2021 13:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item