Perencanaan Distribusi Produk Air Mineral Dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP) Guna Meminimumkan Biaya Distribusi (Studi Kasus : CV. Tirta Mekar Jaya)

Widaningtyas, Rr. Sekar Arum and , Much. Djunaidi, S.T., M.T. and , Hafidh Munawir, S.T., M.Eng (2013) Perencanaan Distribusi Produk Air Mineral Dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP) Guna Meminimumkan Biaya Distribusi (Studi Kasus : CV. Tirta Mekar Jaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (856kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

CV. Tirta Mekar Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang air mineral. Perusahaan yang berada di Kartasura ini telah berhasil memasarkan produk air mineralnya di beberapa tempat. Proses distribusi CV. Tirta Mekar Jaya ditujukan ke tingkat agen dan outlet (retailer). Pengiriman barang dilakukan setelah perusahaan mendapat pesanan dari agen atau outlet, sehingga ada kemungkinan persediaan air mineral di agen tersebut dalam jumlah yang minimal atau bahkan kosong, sehingga perusahaan diharuskan melakukan pengiriman tepat waktu. Perencanaan dan penjadwalan distribusi menjadi hal yang akan diselesaikan dalam penelitian ini agar total biaya distribusi juga menjadi minimal. Metode Distribution Requirement Planning (DRP) merupakan suatu metode untuk menangani masalah persediaan dalam jaringan distribusi multieselon dengan melakukan perencanaan pada setiap levelnya. Metode DRP diharapkan mampu membantu permasalahan perencanaan dan penjadwalan distribusi produk agar aktivitas distribusi perusahaan menjadi lebih optimal, perusahaan mampu memenuhi permintaan dengan tepat waktu dan tepat jumlah serta dapat juga menekan biaya distribusi seminimal mungkin. Hasil penelitian yang dapat diambil yaitu adanya perbaikan pendistribusian, yaitu pada setiap pengiriman, armada yang digunakan membawa kapasitas 100 galon untuk satu tempat agen saja. Sehingga diperoleh perbandingan untuk total biaya distribusi yang dikeluarkan oleh perusahaan, jika menggunakan metode perusahaan total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 560.529.000,00 pada tahun 2013, sedangkan hasil perhitungan total biaya distribusi dengan metode DRP sebesar Rp 460.748.250,00. Hal ini menunjukkan adanya penurunan total biaya yang dikeluarkan perusahaan sebesar 17,80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya; Distribusi; Distribution Requirement Planning (DRP)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2013 07:36
Last Modified: 07 Nov 2021 13:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item