Pengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A Di TK Bakti I Gagaksipat Tahun Pelajaran 2012 / 2013

WISTINI, MUJI and , Drs, Joko Suwandi, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A Di TK Bakti I Gagaksipat Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali dengan menggunakan Permainan Kereta bernomor.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik diskriptif komperatif/ perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 1 anak didik yang mempunyai perkembangan yang sangat baik dalam kemampuan mengenal lambang bilangan, pada siklus I ada 2 anak, dan siklus II ada 17 anak. Prosentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah sebesar 42,34%, siklus I sebesar 61,56%, siklus II sebesar 84,85%. Dengan demikian, penggunaan kereta bernomor dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolalitahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lamang bilangan, Permainan Kereta Bernomor.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 12:01
Last Modified: 28 Oct 2021 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item