WISTINI, MUJI and , Drs, Joko Suwandi, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A Di TK Bakti I Gagaksipat Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (839kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali dengan menggunakan Permainan Kereta bernomor.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik diskriptif komperatif/ perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 1 anak didik yang mempunyai perkembangan yang sangat baik dalam kemampuan mengenal lambang bilangan, pada siklus I ada 2 anak, dan siklus II ada 17 anak. Prosentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah sebesar 42,34%, siklus I sebesar 61,56%, siklus II sebesar 84,85%. Dengan demikian, penggunaan kereta bernomor dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Bakti I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolalitahun pelajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lamang bilangan, Permainan Kereta Bernomor. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2013 12:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24012 |
Actions (login required)
View Item |