ROYANI, ZUBAIDAH and , Drs. Joko Suswandi, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Berbagi Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah 3 Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (743kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (929kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (945kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (623kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berbagi pada anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Mojo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini berjumlah 20 anak. Analisis data dilakukan secara komparatif untuk membandingkan data. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pelaksana tindakan, sedangkan guru kelas sebagai observer. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penugasan. Data yang telah terkumpul dianalisis untuk mengembangkan kemampuan berbagi pada anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Mojo Tahun Pelajaran 2012/2013. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbagi pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 3 Mojo Tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas rata-rata kemampuan berbagi anak sebesar 34,9%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I rata-rata kemampuan anak menjadi 69,9%. Siklus II meningkat menjadi 84,12%. penelitian tindakan kelas ini sudah memenuhi indikator pencapaian pada siklus I rata-rata pencapaian anak dalam satu kelas mencapai 75%, pada siklus II pencapaian anak mencapai 90%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbagi pada anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Mojo Kecamatan Andong Tahun Pelajaran 2012/2013 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain peran, kemampuan berbagi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2013 11:53 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24011 |
Actions (login required)
View Item |