Santiko, Azis Budi and , Umi Fadlilah, S.T., M.Eng and , Ir. Abdul Basith, M.T. (2013) Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Smp Kelas VIII Semester Awal Berbasis J2ME (Java 2 Micro Edition). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (721kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Media belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar. Semakin berkembangnya teknologi secara langsung maupun tidak mempengaruhi gaya belajar dan kebutuhan akan pendidikan itu sendiri. Di lain pihak media belajar juga ikut berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat. Salah satu sarana untuk mendukung kebututuhan belajar di atas adalah dengan membuat aplikasi untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menciptakan suatu media belajar yang bisa membantu siswa belajar di mana saja dan kapan saja. Peneltian ini bertujuan untuk memberikan alternatif belajar dengan aplikasi pembelajaran matematika pada media telepon selular. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Penelitian ini dilakukan di SMP N 18 Surakarta kelas VIII H. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data siswa sebagai subjek penelitian. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan aplikasi pembelajaran matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif persentase. Data hasil analisis berupa prosentase yang kemudian di transformasikan dalam bentuk kalimat yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran matematika untuk siswa SMP kelas VIII semester awal pada media telepon selular. Penelitian diujicobakan di SMP N 18 Surakarta kelas VIII H dengan jumlah 20 responden. Kriteria tampilan menunjukan baik (60%), kriteria kelengkapan isi menunjukan baik (90%), kriteria pemahaman isi menunjukan cukup (50%), kriteria pengoprasian menunjukan baik (80), kriteria kelancaran saat dijalankan menunjukan baik (100%), kriteria jika dibandingkan dengan buku menunjukan memlilih aplikasi (55%), kriteria membantu menunjukan baik (75%), kriteria kepuasan menujukan cukup (70%), kriteria keseluruhan menunjukan baik (80%). Dengan demikian aplikasi pembelajaran matematika untuk siswa SMP kelas VII semester awal ini layak digunakan untuk media alternatif belajar pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pembelajaran, J2ME, Telepon Selular |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 May 2013 07:29 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 12:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24002 |
Actions (login required)
View Item |