Riyadi, Giat (2008) ANALISIS PENGARUH PESAN IKLAN YAMAHA MIO DI TELEVISI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI IKLAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100030041.pdf Download (247kB) |
|
PDF
B100030041.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan merupakan sebuah usaha untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pesan iklan (isi, struktur, format, sumber pesan iklan) sepeda motor merek Yamaha Mio secara individual maupun bersama-sama terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif, afektif, tindakan) pada konsumen, untuk menguji seberapa besar pengaruh elemen pesan iklan (isi, struktur, format, sumber pesan iklan) sepeda motor merek Yamaha Mio terhadap efektivitas komunikasi iklan (tahap kognitif, afektif, tindakan) pada konsumen dan untuk mengetahui keefektifan iklan sepeda motor merek Yamaha Mio yang telah ditampilkan melalui televisi. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan menjadi masukan dalam pengevaluasian iklan di televisi, merupakan penerapan dari ilmu manajemen khususnya di bidang pemasaran dan dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan ataupun acuan untuk penelitian berikutnya. Populasi atau objek penelitian ini adalah penduduk/ masyarakat umum di Kecamatan Grogol, Kabupaten sukoharjo yang pernah melihat iklan sepeda motor merek Yamaha mio di televisi, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu terhadap masyarakat yang pernah melihat iklan sepeda motor merek Yamaha mio di televisi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap kognitif diperoleh nilai thitung untuk variabel isi pesan 3,919 > ttabel 1,985, untuk variabel struktur pesan sebesar 2,043 > ttabel 1,985, untuk format pesan sebesar 0,579 > ttabel 1,985 dan untuk sumber pesan sebesar 2,888 > ttabel 1,985. Sehingga isi pesan, struktur pesan dan sumber pesan secara individu berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi iklan pada tahap kognitif. Hasil uji F adalah 67,894 lebih besar dari Ftabel (2,53) sehingga isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan tahap kognitif. Nilai R2 adalah 0,741; berarti bahwa 74,1% variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan dapat menjelaskan efektivitas komunikasi iklan pada tahap kognitif. Pada tahap afektif diperoleh nilai thitung untuk variabel isi pesan 6,540 > ttabel 1,985, untuk variabel struktur pesan sebesar -1,314 < ttabel 1,985, untuk format pesan sebesar 2,071 > ttabel 1,985 dan untuk sumber pesan sebesar 4,654 > ttabel 1,985. Sehingga isi pesan, format pesan dan sumber pesan secara individu berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi iklan pada tahap afektif. Hasil uji F adalah 130,210 lebih besar dari Ftabel (2,53) sehingga isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan tahap afektif. Nilai R2 adalah 0,846; berarti bahwa 84,6% variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan dapat menjelaskan efektivitas komunikasi iklan pada tahap afektif. Pada tahap konatif diperoleh nilai thitung untuk variabel isi pesan 3,253 > ttabel 1,985, untuk variabel struktur pesan sebesar 0,700 < ttabel 1,985, untuk format pesan sebesar 2,133 > ttabel 1,985 dan untuk sumber pesan sebesar 5,898 > ttabel 1,985. Sehingga isi pesan, format pesan dan sumber pesan secara individu berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi iklan pada tahap afektif. Hasil uji F adalah 112,060 lebih besar dari Ftabel (2,53) sehingga isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi iklan tahap konatif. Nilai R2 adalah 0,825; berarti bahwa 82,5% variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan dapat menjelaskan efektivitas komunikasi iklan pada tahap konatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 07:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2400 |
Actions (login required)
View Item |