Pembuatan Distro Linux Linarta (Linux Surakarta) Sebagai Upaya Peningkatan Ketertarikan Masyarakat Surakarta Pada Sistem Operasi Linux

Asmara, Laru Saji and , Husni Thamrin, S.T., M.T., Ph.D. and , Dedy Ary Prasetya, S.T., M.Eng. (2013) Pembuatan Distro Linux Linarta (Linux Surakarta) Sebagai Upaya Peningkatan Ketertarikan Masyarakat Surakarta Pada Sistem Operasi Linux. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (661kB)

Abstract

Linux merupakan program open source yang sekarang ini sudah bukan menjadi sistem operasi alternative. Namun sudah menjadi sistem operasi yang mesti digunakan karena sifatnya yang gratis dan didukung oleh banyak pihak. Namun apakah sistem ini dapat dipakai begitu saja? Untuk kalangan masyarakat umum, terutama di surakarta, linux sebenarnya sudah mulai dikenal melalui berbagai media. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan tahapan seperti pemilihan distro linux, pengumpulan peralatan pendukung, pengumpulan konten kota surakarta, proses remastering , pembuatan file .iso, pengujian file .iso yang baru pada pc / laptop, analisa file .iso , dan pembagian CD linarta dan kuisioner pada responden . Selain itu dilakukan juga editing terhadap tampilan background standard, tampilan usplash, tampilan booting, dan backround pada progress bar atau loading screen. Tahapan tersebut harus terpenuhi sebagai syarat terbentuknya distro baru sesuai keinginan kita. Setelah semua proses terselesaikan, maka terbentuklah file linarta live.iso yang siap dicopy ke cd. File tersebut memiliki ukuran 710 Mb yang bernama linarta yang merupakan hasil dari remastering dari linux blank on.Didalamnya berisi menu tambahan seputar kota surakarta dan dapat di gunakan untuk sarana pengenalan linux. Untuk mengukur tingkat ketertarikan pada distro baru bernama linarta, maka dibuat kuesioner yang di sebar ke 10 orang responden. Mereka melihat langsung hasil remastering linarta (linus surakarta) melalui live cd yang telah di buat. Dari hasil kuesioner yang telah disebar, rata rata dari 10 responden sebagian besar cukup tertarik dengan linarta dan hanya beberapa yang kurang tertarik. Untuk masalah pengembangan, responden sebagian besar menjawab perlu diadakannya pengembangan lebih lanjut dari linarta (linux surakarta) ini sebagai distro khas kota solo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem operasi, Linux, open source
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2013 07:58
Last Modified: 05 Nov 2021 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item