ULINNUR, Minnatin (2008) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY BERBASIS PORTOFOLIO (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040042.pdf Download (166kB) |
|
PDF
A410040042.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui 1) metode inquiry berbasis portofolio dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika sampai dengan 65 %, 2) metode inquiry berbasis portofolio dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika sampai dengan 65 %. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerja sama dengan guru matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil dari penelitian adalah 1) adanya peningkatan minat belajar siswa, yang meliputi a) perasaan senang siswa sebelum dilakukan tindakan 12,5 % dan setelah diberi tindakan meningkat 65,62 %, b) Perhatian siswa sebelum dilakukan tindakan 25 % dan setelah diberi tindakan meningkat 71,875 %, c) Kemauan siswa sebelum dilakukan tindakan 21,87 % dan setelah diberi tindakan meningkat 75 %, d) Konsentrasi siswa sebelum dilakukan tindakan 15,6 % dan setelah diberi tindakan meningkat 68,75 %, e) Kesadaran siswa sebelum dilakukan tindakan 21,87 % dan setelah setelah diberi tindakan meningkat 71,875 %. 2) adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi a) bertanya sebelum dilakukan tindakan 15.6 % dan setelah diberi tindakan meningkat 65,62 %, b) menjawab pertanyaaan guru sebelum dilakukan tindakan 18,75 % dan setelah diberi tindakan meningkat 68,75 %, c) mengerjakan soal sebelum dilakukan tindakan 21,87 % dan setelah diberi tindakan meningkat 78,12 %, d) mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan 12,5 % dan setelah diberi tindakan meningkat 68,75 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode inquiry berbasis portofolio dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, keaktifan, metode inquiry, portofolio |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 06:23 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2387 |
Actions (login required)
View Item |