Analisis Pengaruh Pengetahuan Keadilan Jender Terhadap Penyusunan Anggaran: Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Surakarta)

Huda, Fatkhul (2013) Analisis Pengaruh Pengetahuan Keadilan Jender Terhadap Penyusunan Anggaran: Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep penyusunan anggaran Pemerintah Kota Surakarta dengan isu utama analisis perspektif jender. Secara lebih spesifik penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan keadilan jender terhadap penyusunan anggaran daerah dan menganalisis pengaruh interaksi antara pengetahuan keadilan jender dengan partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik terhadap penyusunan anggaran daerah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa alokasi anggaran harus mempertimbangkan asas keadilan, partisipatif dan transparan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Kota Surakarta dengan sampel Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Surakarta. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan uji nilai selisih mutlak yang sebelumnya dilakukan uji kebaikan model dan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan keadilan jender berpengaruh signifikan terhadap penyusunan anggaran daerah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas signifikansi kurang dari tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa interaksi antara pengetahuan keadilan jender dengan partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik berpengaruh signifikan terhadap penyusunan anggaran daerah. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas signifikansi dari kedua interaksi variabel tersebut (0.012 dan 0.035) kurang dari tingkat signifikansi 5%. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik merupakan variabel moderator dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan keadilan jender, penyusunan anggaran daerah, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2013 10:45
Last Modified: 25 Apr 2013 10:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item View Item