Analisis Kinerja Keuangan Dan Pertumbuhan Ekonomi Sebelum Dan Sesudah Diberlakukannya Otonomi Daerah Di Kabupaten Boyolali APBD 2001-2010

Sulistyawan, Andri and , Dr. Fatchan Achyani, S.E, M.Si (2013) Analisis Kinerja Keuangan Dan Pertumbuhan Ekonomi Sebelum Dan Sesudah Diberlakukannya Otonomi Daerah Di Kabupaten Boyolali APBD 2001-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi belanja, efektifitas PAD, dan kemandirian keuangan daerah Kabupaten Boyolali sebelum dan sesudah otonomi daerah. Serta untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi daerah Kabupaten Boyolali sebelum dan sesudah Otonomi Daerah tahun 2001-2010. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis rasio efisiensi belanja, rasio efektifitas pendapatan asli daerah (PAD), rasio kemandirian keuangan daerah, dan rasio pertumbuhan. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari data keuangan Pemerintah Kabupaten Boyolali tahun anggaran 2001 sampai dengan 2010 meliputi target pendapatan asli daerah, realisasi pendapatan daerah, total penerimaan daerah, anggaran belanja dan realisasi belanja daerah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari rasio efisiensi Pemerintah Daerah Boyolali dinilai telah melakukan efisiensi anggaran karena rasio efisiensinya kurang dari 100%. Hasil rasio efektifitas realisasi dan anggaran PAD pada tahun ini sebenarnya naik, tapi pencapaian untuk memenuhi target menurun hal ini disebabkan karena perolehan bagian laba usaha daerah yang berasal dari BUMN dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yangdipisahkan menurun dari tahun sebelumnya dan hanya mampu merealisasikan sebesar targetnya, hal itu dapat disebabkan karena menurunnya produktifitas obyek yang dikelola. Hasil rasio kemandirian bahwa kemampuan dalam membiayai kegiatan pemerintahannya masih sangat rendah dan termasuk dalam golongan instruktif. Hasil rasio pertumbuhan PAD dari tahun ke tahun rata-rata mengalami kenaikan, hasil rasio pertumbuhan jumlah pendapatan dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan, hasil rasio pertumbuhan belanja operasi naiknya Belanja Aparatur Publik dan Belanja Aparatur Daerah, hasil rasio pertumbuhan modal kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dilihat dari perolehan rasio Pertumbuhan Belanja Modal semakin baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efesiensi belanja, efektifitas PAD, kemandirian, pertumbuhan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2013 06:57
Last Modified: 02 Nov 2021 22:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23852

Actions (login required)

View Item View Item