Prawoko, Arum and , Dra. Alif Noor Anna, M.Si and , Agus Anggoro Sigit, S.Si (2008) Analisis Penyediaan Air Bersih Di Sub Cabang Pdam Kabupaten Kebumen Tahun 2000-2002. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
E100990021.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Skripsi Full Text)
E100990021.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Penyediaan Air Bersih Di Sub Cabang PDAM Kabupaten Kebumen Tahun 2000-2002”. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah ketidakmerataan pelanggan PDAM di tiap wilayah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang menyebabkan ketidak merataan pelayanan PDAM terhadap konsumen, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan jumlah pelanggan PDAM pada daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, adapun cara pengambilan sampel dengan cara purposive random sampling, jumlah sampel sebanyak 5% dari jumlah responden. Dalam peelitian ini sampel yang diambil pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum yaitu 352 responden yang terbagi dalam empat Kecamatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linier dan overlay peta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu wawancara dengan pelanggan air minum, sedangkan data sekunder adalah peta jaringan pipa air minum dan data jumlah pelanggan air minum diperoleh dari kantor PDAM, peta penggunaan lahan dan peta kemiringan lereng didapat dari kantor BPN, peta administrasi, data tingkat pendidikan dan pendapatan penduduk didapat dari kantor BPS. Hasil dari penelitian ini adalah peta distribusi air minum PDAM tahun 2000-2002 dan analisis distribusi pelanggan air minum PDAM Kabupaten Kebumen. Dari hasil analisis regresi linier diketahui bahwa faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap banyaknya jumlah pelanggan adalah tingkat pendidikan dengan nilai r hitung sebesar 0,888. Atas dasar taraf kepercayaan 5 % r hitung lebih besar dari r tabel (0,497) dan atas dasar taraf kepercayaan 1 % r hitung juga lebih besar dari r tabel (0,623). Sedangkan dari overlay peta dapat diketahui yang berpengaruh terhadap ketidak merataan pelayanan PDAM adalah jaringan jalan, hal ini ditunjukan dari hasil overlay peta jaringan jalan, jaringan pipa, dan jumlah pelanggan air minum skala 1 : 150.000. Dari peta tersebut dapat diketahui bahwa jaringan pipa air minum pemasangannya lebih padat atau rapat di daerah yang jaringan jalannya padat, karena pemasangan pipa air minum menurut jaringan jalan yang ada. Maka daerah yang mempunyai jaringan jalan rapat akan mempunyai jumlah pelanggan banyak pula.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyediaan Air Bersih, PDAM |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography |
Divisions: | Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi |
Depositing User: | Gatiningsih |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 05:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2382 |
Actions (login required)
View Item |