Sutarti, Sutarti and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Pemahaman Tentang Sifat-Sifat Cahaya Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Strategi Card Sort Bervariasi Pada Siswa Kelas V SDN 04 Tunggulrejo Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (269kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran IPA dengan metode card sort. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Tunggulrejo. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Kemampuan memahami sifat-sifat cahaya dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 04 Tunggulrejo meningkat setelah menerapkan metode card sort. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap masing-masing siswa mengalami peningkatan, yaitu 1) Kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya meningkat dari 47,62 % sebelum tindakan menjadi 90,48 % setelah tindakan. 2) Kemampuan menunjukkan contoh peristiwa cahaya dapat menembus benda bening meningkat dari 42,86 % sebelum tindakan menjadi 90,48 % setelah tindakan. 3) Dari hasil rata-rata hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 63,12 % dan pada siklus II naik menjadi 72,12 %. Untuk siswa yang tuntas belajar (nilai ketuntasan 60 ) pada siklus I 61,90 % atau 13 siswa dan pada siklus II naik menjadi 85,71 % atau 18 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | card sort, sortir kartu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2013 06:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23797 |
Actions (login required)
View Item |