Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas I Semester II SDN 01 Sambirejo Tahun 2012/2013

Istiqomah, Nordiyah and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas I Semester II SDN 01 Sambirejo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek ketrampilan berbicara siswa kelas 1 SDN 01 Sambirejo tahun 2012/2013 dengan menggunakan media gambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus berisi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono yang berjumlah 43 siswa.Sumber data dikumpulkan dari informan, hasil observasi, dokumen, dan tempat peristiwa berlangsung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatn lapangan tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo dapat ditarik kesimpulan yaitu Penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar aspek berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono tahun pelajaran 2012/2013.Peningkatan aktivitas belajar dapat terlihat dari: a)sebelum tindakan siswa yang menjawab pertanyaan 13%, setelah tindakan siswa yang menjawab pertanyaan 79%, b)sebelum tindakan siswa yang maju presentasi 5%, setelah tindakan siswa yang maju presentasi 65%, c) sebelum tindakan siswa yang berani mengajukan pertanyaan 5% setelah tindakan meningkat menjadi 63 %. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar aspek berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, sebelum tindakan yang lolos KKM ada 51 % siswa setelah tindakan yang lolos KKM ada 81% siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media gambar, Hasil belajar, aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2013 06:40
Last Modified: 25 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

View Item View Item