Istiqomah, Nordiyah and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas I Semester II SDN 01 Sambirejo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (365kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (548kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek ketrampilan berbicara siswa kelas 1 SDN 01 Sambirejo tahun 2012/2013 dengan menggunakan media gambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus berisi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono yang berjumlah 43 siswa.Sumber data dikumpulkan dari informan, hasil observasi, dokumen, dan tempat peristiwa berlangsung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatn lapangan tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo dapat ditarik kesimpulan yaitu Penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar aspek berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono tahun pelajaran 2012/2013.Peningkatan aktivitas belajar dapat terlihat dari: a)sebelum tindakan siswa yang menjawab pertanyaan 13%, setelah tindakan siswa yang menjawab pertanyaan 79%, b)sebelum tindakan siswa yang maju presentasi 5%, setelah tindakan siswa yang maju presentasi 65%, c) sebelum tindakan siswa yang berani mengajukan pertanyaan 5% setelah tindakan meningkat menjadi 63 %. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar aspek berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 01 Sambirejo, sebelum tindakan yang lolos KKM ada 51 % siswa setelah tindakan yang lolos KKM ada 81% siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar, Hasil belajar, aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2013 06:40 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23796 |
Actions (login required)
View Item |