Metode Talking Stik Pada Siswa Kelas V SDN 04 Ngringo Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayu, Sri (2012) Metode Talking Stik Pada Siswa Kelas V SDN 04 Ngringo Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesiasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Ngringo yang berjumlah 39 siswa.Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa/test,wawancara, observasi dan dukumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kooperatif yaitu dengan membandingkan nilai test kondisi awal, setelah siklus satu dan setelah siklus dua kemudian direfleksi. Analisis data dari catatan lapangan, dokumentasi dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui lima tahapan dalam pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik yang terdiri dari tahap presentasi kelas, belajar kelompok, game, turnamen, penghargaan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilakukan, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 64% dengan kriteria sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 92% dengan kriteria tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memahami cerita anakdengan metode Talking Stik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:30
Last Modified: 22 Apr 2013 11:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item View Item