Warsini, Sri and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kelancaran Membaca Dengan Menggunakan Metode “Membaca Tanpa Mengeja” Pada Siswa Kelas I SDN 03 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (385kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (539kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kelancaran membaca pada siswa kelas I SD Negeri 03 Jumapolo dengan jumlah sebanyak 28 siswa, dengan menggunakan metode membaca tanpa mengeja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, kajian dokumen, test dan wawancara. Teknik analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan metode membaca tanpa mengeja dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kelancaran membaca pra siklus sebesar 29%, siklus I sebesar 68 % dan Siklus II mendapatkan hasil sebesar 87,50 %. Hasil penelitian tindakan kelas tentang pembelajaran membaca melalui metode membaca tanpa mengeja yang dilakukan sebanyak dua siklus selalu mengalami peningkatan dan telah dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode membaca tanpa mengeja dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa pada pembelajaran membaca siswa kelas I SD Negeri 03 Jumapolo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Tanpa Mengeja, Kelancaran Membaca, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 10:54 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23778 |
Actions (login required)
View Item |