Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Mengidentifikasi Benua – Benua Pada Siswa Kelas VI SDN 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Wahyuni,, Sri and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Mengidentifikasi Benua – Benua Pada Siswa Kelas VI SDN 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah melalui media gambar dapat meningkatkan Partisipasi siswa Kelas VI SDN 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media gambar, dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Pengumpulan data dilakukn melalui observasi. Tehnik analisis datanya secara mengalir. Kesimpulan yang dapat ditarik dari Penelitian adalah Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS, materi mengidentifikasi benua-benua, dapat meningkatkan Partisipasi Siswa kelas VI SDN 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada tiap siklus, dari data awal yang hanya 35,29%, meningkat setelah dilakukan tindakan siklus I yang mencapai 58,82% dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II mencapai 100%.Berdasarkan kondisi ini terbukti bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan Partisipasi belajar IPS pada Siswa kelas VI SDN 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media gambar, Partisipasi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 09:05
Last Modified: 25 Oct 2021 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23775

Actions (login required)

View Item View Item