Pembelajaran Kooperatif Jig Saw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SDN 03 Lempong Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Harnanik, Harnanik and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Pembelajaran Kooperatif Jig Saw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SDN 03 Lempong Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.Halaman_Depan.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 03 Lempong Jenawi Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Lempong Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 14 siswa yaitu 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan adalah 5 siswa (36%), siklus I pertemuan pertama sebesar 7 siswa (50%), pertemuan kedua 9 siswa (64%). Siklus II pertemuan pertama sebesar 11 siswa (79%) dan pada siklus II pertemuan kedua mencapai 13 siswa (93%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 60,00 menjadi 66,29 pada siklus I pertemuan pertama, meningkat menjadi 68,29 pada pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan pertama 73,36 dan meningkat lagi menjadi 78,07 pada pertemuan kedua siklus II. Selisih peningkatan nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sampai akhir tindakan siklus II mencapai 18,07. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 03 Lempong.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 08:18
Last Modified: 25 Oct 2021 03:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23772

Actions (login required)

View Item View Item