Harnanik, Harnanik and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Pembelajaran Kooperatif Jig Saw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SDN 03 Lempong Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01.Halaman_Depan.pdf Download (675kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
08.Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 03 Lempong Jenawi Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Lempong Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 14 siswa yaitu 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan adalah 5 siswa (36%), siklus I pertemuan pertama sebesar 7 siswa (50%), pertemuan kedua 9 siswa (64%). Siklus II pertemuan pertama sebesar 11 siswa (79%) dan pada siklus II pertemuan kedua mencapai 13 siswa (93%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 60,00 menjadi 66,29 pada siklus I pertemuan pertama, meningkat menjadi 68,29 pada pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan pertama 73,36 dan meningkat lagi menjadi 78,07 pada pertemuan kedua siklus II. Selisih peningkatan nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sampai akhir tindakan siklus II mencapai 18,07. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 03 Lempong.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 08:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23772 |
Actions (login required)
View Item |