Rasid, Iskandar Nur and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Penerapan Metode Make A Match Sebagai Peningkatkan Keaktifan Dalam Mendeskripsikan Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Pada Siswa Kelas V SD N 02 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf Download (454kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (586kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh pergerakan nasional melalui penggunaan metode make a match pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso,Kabupaten Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Wonokeling yang berjumlah 8 siswa. Prosedur dalam penelitian ini terdapat beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa yang di lihat dari aspek menjawab pertanyaan, sebelum menggunakan metode make a match pada pelajaran IPS materi mendeskripsikan tokoh-tokoh pergerakan nasional adalah ada 1 siswa ( 12.5 %) yang aktif. Dari aspek mengungkapkan pendapat terdapat 1 siswa (12,5%) yang aktif dan dari aspek komunikasi juga terdapat 1 siswa (12,5%) yang aktif. Setelah menggunakan metode make a match pada siklus I keaktifan siswa meningkat, di lihat dari aspek menjawab pertanyaan ada 4 siswa (50%) yang aktif. Dari aspek berkomunikasi ada 4 siswa (50%) yang aktif. Dari aspek komunikasi terdapat 4 siswa (50%) yang aktif. Dilihat dari aspek bertanya pada siklus II ada peningkatan Menjadi 7 siswa (87.5%) yang aktif. Dari aspek mengungkapkan pendapat ada 7 siswa (87,5%) yang aktif. Dari aspek komunikasi terdapat 7 siswa (87,5%) yang aktif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ada peningkatan keaktifan siswa pada setiap siklus, baik pra siklus, siklus I, maupun pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Make a Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 08:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23771 |
Actions (login required)
View Item |