Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Tabung Melalui Pembelajaran Active Learning Bagi iswa Kelas V Semester II SDn 01 Nglebak Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Farida, Luluk Arifatul and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Tabung Melalui Pembelajaran Active Learning Bagi iswa Kelas V Semester II SDn 01 Nglebak Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (562kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Active Learning, Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan meliputi : a) Pada siklus I terdapat peningkatan siswa yang memenuhi KKM yaitu 37,5% (9 siswa), b) Pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang memenuhi KKM yaitu 54,16% (13 siswa), c) Pada siklus III terdapat peningkatan siswa yang memenuhi KKM yaitu 83,3% (20 siswa). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Active Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Active Learning, Tabung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 06:41
Last Modified: 25 Oct 2021 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23767

Actions (login required)

View Item View Item