Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Rochmani, Sari (2012) Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPSsiswa kelas V semester II SDN 02 Kaling Tasikmadu dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2013. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Kaling Tasikmadu sejumlah 24 anak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Rata-rata nilai anak sebelum dilakukan tindakan adalah 73 setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata anak menjadi 78 dan nilai rata-rata pada siklus II menjadi 84. 2) Ketuntasan minimal sebelum dilakukan tindakan adalah dari 24 siswa masih terdapat 11 siswa atau 46% yang belum tuntas, siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 8 siswa atau 34 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 9% dan 91% telah tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, Pendekatan Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2013 06:45
Last Modified: 20 Apr 2013 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item View Item