Chotijah, Siti and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL ) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngunut Jumantono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10-Jurnal_Publikasi_Karya_Ilmiah_s.pdf Download (205kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1-_Halaman_Depan_s.pdf Download (331kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2-BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
3-BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
4-BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
5-BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
6-BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7-DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
8-Lampiran_s.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa SD Negeri 01 Ngunut Jumantono melalui pendekatan kontekstual. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Ngunut Jumantono Karanganyar beserta guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual yaitu rata-rata penilaian hasil belajar sebanyak 8,20. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menghitung volume bangun ruang dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata 68,50 menjadi 73,33 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 37% menjadi 57%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata siklus I yaitu 73,33 menjadi 76,70 dan dari pencapaian KKM 57% menjadi 80%. (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontekstual ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual, (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk bertanya,. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngunut Jumantono.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching learning,kemampuan,menghitung volume,bangun ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 12:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23742 |
Actions (login required)
View Item |