Sumarno, Sumarno and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Penerapan Metode Role Playing Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Kedungjeruk Mojogedang Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (528kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pusaka)
DAFPUS.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Kedungjeruk Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2012 / 2013 Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 01 Kedungjeruk yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif. Prosedur tindakan kelas ditempuh 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator pencapaian penelitian ini ditandai dengan peningkatan motivasi yaitu mencapai 80 % dan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran PKn > 70 mencapai 80% khususnya dalam penerapan role playing . Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn. Skor motivasi belajar sebelum pelaksanaan tindakan adalah 238 atau 33 % , pada pelaksanaan siklus I adalah 413 atau 57 %, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 606 atau 84 %, Sedangkan hasil belajar PKn pra siklus nilai rata-rata adalah 57,87, pada pelaksanaan tindakan siklus I nilai rata-rata adalah 72,87 kemudian meningkat menjadi 82,33 pada pelaksanaan Siklus II .Terkait dengan penggunaan metode role playing, disampaikan saran sekolah perlu mensosialiasikan metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn. Kata Kunci : Motivasi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, PKn, Metode Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 11:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23739 |
Actions (login required)
View Item |