Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Wigati, Amrih and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab iV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kecamatan Karangpandan melalui Metode Eksperimen. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan,identifikasi siswa,perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, sajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang mana meliputi 6 indikator yaitu: kemauan untuk berbuat, jumlah waktu untuk belajar makain banyak, ketekunan dalam mengerjakan tugas,ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa,) lebih senang bekerja mandiri, dan juga dapat mempertahankan pendapatnya. Dari siklus I 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I mencapai 65% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan Metode Eksperimen dapau meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak pada tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar dan Metode Eksperimen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 11:36
Last Modified: 25 Oct 2021 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item