Suwardi, Suwardi and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 02 Botok Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN__DEPAN.pdf Download (468kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (246kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri 02 Botok Kecamatan Kerja Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dan guru kelas VI SD Negeri 02 Botok kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa :pada pembelajaran siklus I pertemuan 2 diketahui ada peningkatan perolehan skor ketercapaian siswa dari siklus I pertemuan 1, sebanyak 17 siswa kelas VI yang memiliki motivasi rendah 5 siswa atau 29%, kemudian siklus II pertemuan 2 yang belum tercapai motivasinya tinggal 2 siswa atau 12% dan yang motivasi tinggi 12 siswa atau 71% meningkat menjadi 15 siswa atau 88%. Adapun berdasarkan dokumen nilai formatif menunjukkan ketuntasan siswa yang tinggi pula, yakni dari nilai siswa IPA kelas VI dari 17 siswa yang tuntas memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 16 siswa atau 96%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VI semester I SD Negeri 02 Botok Kecamatan Kerja Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013” dapat terjawab atau diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan Contextual Teaching And Learning, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 11:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23732 |
Actions (login required)
View Item |