Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas V MI Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sutardi, Sutardi and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas V MI Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Muka.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis puisi siswa kelas Vb MI Muhammadiyah Karanganyar tahun Pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran menulis puisi dengan penerapan permainan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Vb MI Muhammadiyah Karanganyar yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 26 putri dan 14 putra.Sedangkan obyeknya adalah permainan bahasa dan kemampuan menulis puisi.Sumber data yang digunakan yaitu tempat, peristiwa, informan dan dokumen.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan peng observasi, wawancara, dokumentasi.Pelaksanaan penelitian di mulai dari surwei awal, siklus I sampai siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan dan (4) analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran dan peran peneliti sebagai pengamat.Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan: (1) Keaktifan siswa; dan (2) kemampuan menulis puisi siswa kelas Vb MI Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran menulis puisi melalui penerapan teknik permainan bahasa. Peningkatan keaktifan siswa terlihat dari meningkatnya aktifitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran menulis puisi, yakni: (1) mengikuti aperspsi sebesar58% pada siklus I dan 63% pada siklus II; (2) Memperhatikan guru saat menyampaikan materi sebesar 62% pada siklus II dan 72% pada siklus II; (3) siswa aktif mengamati gambar dan mengikuti permainan bahasa sebesar 71% pada siklus I dan 76% pada siklus II; (4) siswa aktif dalam kegiatan diskusi sebesar 49% pada siklus I dan 58% pada siklus II; (5) siswa aktif menyampaikan dari hasil diskusi sebesar 52,5% pada siklus I dan 77% pada siklus II; (6) Siswa aktif menyusun diksi sebesar 74% pada siklus I dan 77% pada siklus II; (7) Siswa mampu menemukan ide dan menuliskan dalam bentuk puisi sebesar 52,5% pada siklus I dan 58% pada siklus II. Kemampuan menulis puisi siswa dapat dilihat dari hasil nilai menulis puisi siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67,5% atau sebanyak 27 siswa dan pada siklus II sebesar 82,5% atau sebanyak 33 siswa. Hal ini hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan teknik permainan bahasa mampu meningkatkan keaktifan dan meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis puisi, teknik penerapan permainan bahasa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 11:10
Last Modified: 24 Oct 2021 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23731

Actions (login required)

View Item View Item