Naharin, Yuyun Mahbudatin and -, Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Prestasi Belajar IPS Dengan Metode Kerja Kelompok Model Dua Tinggal Dua Tamu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (426kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (488kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa yang dijadikan objek sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskrptif komparatif dan kritis. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pada kondisi awal yaitu nilai rata-rata sebesar 55,5, siklus I sebesar 65,5 dan pada siklus II nilairata-rata sebesar 76,5. 2) Peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 yaitu sebesar 21. 3) Penerapan pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan, 2) presentasi guru, 3) kegiatan kelompok, 4) presentasi kelompok, dan 5) evaluasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray), prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 10:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23730 |
Actions (login required)
View Item |