Utami, Eny and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2013) Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIA SD Islam Terpadu Arofah 1 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (492kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (838kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan Menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru pelaku tindakan Wahyu Wijayanti, S.Pd.I, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IIA SD Islam Terpadu arofah 1 Boyolali yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan wawancara langsung. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari nilai dalam mengerjakan soal tes hasil observasi selama proses tindakan, mendorong para guru untuk menciptakan suasana kondusif dalam pembelajaran, kegiatan kelompok dengan mencari dan mencocokkan gambar dapat memicu siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan bekal kemampuan yang dimiliki oleh pendidik, pendidik mampu melaksanakan perubahan pembelajaran seperti menerapkan model pembelajaran picture and picture sehingga pembelajaran dapat aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan keaktifan belajar, picture and picture |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 10:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23723 |
Actions (login required)
View Item |