Pengembangan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK ABA Gaden III Bodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Maemunah, Siti and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK ABA Gaden III Bodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (437kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (856kB)

Abstract

Penelitianinibertujuan untukpengembangannilai-nilai moral dan agama melaluimetodeberceritapadaanakkelompok B Taman Kanak-kanak ABA Gaden III, Bodrorejo, Gaden, Trucuk, KlatenTahun 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B atau berusia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak ABA Gaden III berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan guru kelas. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Validitas data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kritis dan analisis kualitatif komparatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral dan agama anak melaluimetode bercerita mengalami perkembangan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat darisiklus I sampai dengan siklus II. Nilai-nilai moral dan agama anak berkembang dari prasiklus 55,55% menjadi 72,44% pada siklus I, dan pada siklus II nilai-nilai moral dan agama anak berkembang menjadi 79,77%. Dari keseluruhan hasil secara individual nilai-nilai moral dan agama anak melalui metode bercerita mengalami perkembangan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis yang menyatakan “melalui metode bercerita dapat mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA Gaden III Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, pengembangan nilai-nilai moral dan agama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:29
Last Modified: 28 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23719

Actions (login required)

View Item View Item