Maemunah, Siti and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK ABA Gaden III Bodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (713kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (437kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (856kB) |
Abstract
Penelitianinibertujuan untukpengembangannilai-nilai moral dan agama melaluimetodeberceritapadaanakkelompok B Taman Kanak-kanak ABA Gaden III, Bodrorejo, Gaden, Trucuk, KlatenTahun 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B atau berusia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak ABA Gaden III berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan guru kelas. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Validitas data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kritis dan analisis kualitatif komparatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral dan agama anak melaluimetode bercerita mengalami perkembangan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat darisiklus I sampai dengan siklus II. Nilai-nilai moral dan agama anak berkembang dari prasiklus 55,55% menjadi 72,44% pada siklus I, dan pada siklus II nilai-nilai moral dan agama anak berkembang menjadi 79,77%. Dari keseluruhan hasil secara individual nilai-nilai moral dan agama anak melalui metode bercerita mengalami perkembangan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis yang menyatakan “melalui metode bercerita dapat mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA Gaden III Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bercerita, pengembangan nilai-nilai moral dan agama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 10:29 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23719 |
Actions (login required)
View Item |