Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Piring Kertas Berbiji Pada Anak Kelompok A PAUD Aisyiyah Program Khusus Gantiwarno Tahun 2012 / 2013

Rahayu, Sri and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Piring Kertas Berbiji Pada Anak Kelompok A PAUD Aisyiyah Program Khusus Gantiwarno Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal melalui metode piring kertas berbiji pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Program Khusus Gantiwarno Klaten. Karena dari 15 anak kemampuan berhitung awal anak masih rendah. Terbukti dari 15 anak 3-4 anak yang baik kemampuan berhitungnya jadi sekitar 30% penelitian ini dilakukan melalui metode bermain piring kertas berbiji. Melalui metode ini anak dapat menghitung, menjumlah, mengelompokan tanpa takut dan malu ditolak lingkungan, memotivasi anak dalam mengekspresikan menghitung, tanpa malu dan tekanan siapa pun. Anak akan bebas untuk berkreatif dalam menjumlah sesuai dengan keinginanya sehingga pembelajaran jadi lebih menyenangka. Suasana menyenangkan akan mempermudah kecapaian tujuan pembelajara. Data yang dikumpulkan untuk mengetahui kemampuan berhitung awal anak adalah dengan observasi dan wawancara.Tehnik analisis komperatif yaitu membandingkan kemampuan anak pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan berhitung awal anak pada pra siklus 30 % setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus I mencapai 50 %, pada siklus II mencapai 75 %. Total peningkatan mencapai 45 %. Berdasarkan analisidiketahui bahwa kemampuan berhitung awal anak dapat ditingkatakan melalui metode piring kertas berbiji.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampua behitung awal, bermain piring kertas berbiji
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 08:24
Last Modified: 28 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item View Item