Hariyanti, Tutik and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Strategi Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Semester 2 di SDN 1 Nangsri Kecamatan Manisrenggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_NEWw.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_tutik.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V_tutik.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA,,,,,,,,,,,,,,.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menyampaikan pesan lewat telepon dengan menggunakan strategi Role Playing. Subjek penelitiannya adalah guru sebagai subjek yang mengenai tindakan dan siswa kelas IV SDN 1 Nangsri, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten yang dikenai tindakan . Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data ,observasi, catatan lapangan dan dokomentasi. Sedang validitas data menggunakan trianggulasidan teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan berbicara siswa kelas IV dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD N 1 Nangsri dengan menggunakan strategi Role Playing yang dilihat dari (1)aspek keaktifan siswa bertanya sebelum tindakan8,3% dan diakhir penelitiaan menjadi 66,6%.(2) Keaktifan siswa menjawab sebelum tindakan 12,5% diakhir penelitian menjadi 75%.dan (3) keaktifan siswa maju ke depan sebelum tindakan 4,2% meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Role Playing telah mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 Nangsri. Setiap siklus yang dilalui membawa dampak positif kearah peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN 1 Nangsri Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifansiswa, Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 07:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23707 |
Actions (login required)
View Item |