Peningkatan Keberanian Bertanya dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pundungsari Tahun 2012/2013

Maningsih, Anik Dahad and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Keberanian Bertanya dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pundungsari Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
neww_naskah_publikasi.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_joss.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Pundungsari subyek penelitian berjumlah 16 siswa dengan jumlah anak laki-laki sebanyak 8 siswa dan perempuan sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, evaluasi tes dan dokumentasi, sedang validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan strategi picture and picture pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Pundungsari. Hal ini dilihat dari aspek (1) keberanian bertanya sebelum tindakan 38% dan di akhir tindakan 81,25%, (2) hasil belajar yang memenuhi KKM sebelum tindakan 55% dan di akhir tindakan sebesar 79,1%. Kesimpulan dari penelitian ini diterapkan strategi picture and picture dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Pundungsari, Trucuk, Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi picture and picture dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:17
Last Modified: 24 Oct 2021 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23705

Actions (login required)

View Item View Item